Tuesday, October 4, 2011

Protura


Protura

Pendahuluan
Merupakan bagian dari kelompok Apterygota (Serangga tak bersayap)  Protura memiliki ukuran  kecil antara  0,5 sampai 2,5 mm jenis serangga ini sebenarnya tersebar di seluruh bagian bumi, namun masih terlihat sangat asing bagi manusia karena ukurannya yang kecil sehingga sulit dijumpai.  Diketahui bahwa walaupun Protura dimasukkan ke dalam kelompok Apterygota, sebenarnya Protura berasal dari nenek moyang serangga bersayap. Namun dalam perkembangan evolusinya mengalami reduksi pada bagian sayapnya. “kutu’ merupakan anggota dari Ordo Protura dengan sayap sekunder.
Protura tidak ditemukan sampai setelah pergantian abad, ketika mereka ditemukan dan direkam oleh dua ilmuwan yang berbeda secara mandiri. Filippo Sylvestri (Italia) merupakan orag yang pertama mendeskripsika Protura tahun 1907, sementara Berlese menjelaskan  beberapa spesies lebih lanjut pada tahun 1908 dan menerbitkan monografi tentang mereka pada tahun 1909. Sejak itu banyak dilakukan penelitian lebih lanjut tentang Protura diantaranya yang telah dilakukan dan diterbitkan oleh Tuxen (1964 Protura) dan Janetschek (1970 Handbuch der Dalam Zoologie).
Karakteristik Fisik
karakteristik:
     * tanpa mata
     * Tidak ada antena
     *
Tanpa tentorium
Karakteristik lain:
     * Sangat kecil, kurang dari 2 mm panjang
     * Perut dengan 12 segmen
ketika dewasa (imago)
     * Mulut bagian entognathous
     * Absen cerci
     * Kaki 5-tersegmentasi
Ekologi
                Protura hidup terutama di tanah lembab, lumut dan serasah daun dari hutan beriklim lembab dan tidak terlalu asam, dapat juga ditemukan di bawah batu atau di bawah kulit pohon, serta di liang binatang. Umumnya dapat ditemukan pada kedalaman tanah  terbatas pada kedalaman 10 cm (3.9 in), namun  masih dapat  ditemukan sedalam 10 inci (250 mm). Karena ukurannya yang sangat kecil, Protura sering diabaikan kehadirannya, padahal kepadatan populasi kelompok ini dapat mencapai 90.000 individu per meter persegi.
Pola makan Protura tidak pasti, mereka makan jamur mikoriza, tungau mati, dan media tanam jamur budidaya, dan diperkirakan memakan sayuran dan jamur yang membusuk di alam liar. Bagian mulut styliform menunjukkan bahwa Protura merupakan pemakan cairan. Terdapat bukti bahwa beberapa spesies menyedot keluar isi dari hifa jamur.
Protura yang hidup di dekat permukaan tanah umumnya memiliki satu generasi per tahun dan memiliki kaki lebih panjang sementara mereka yang hidup lebih ke dalam memiliki kaki lebih pendek dan bereproduksi kurang musiman, meskipun ada juga spesies yang bermigrasi pindah ke lapisan lebih dalam untuk musim dingin dan lapisan dangkal selama musim panas.
Famili
 Sinentomon erythranum
Eosentomoidea
     Eosentomidea (berisi satu genus Eosentomon)
     Sinentomidea (
berisi satu spesies primitif (Sinentomon erythranum)
Acerenotomoidea
     Protentomidea (Berisi 3 genera Hesperentomon, Proturentomon dan Protentomon)
     Acerentomidea (Berisi 10 genera termasuk Acerentulus Acerella, Acerentomon dan Berberentulus)

No comments:

Post a Comment