Tuesday, October 4, 2011

Inventarisasi Serangga (Peralatan Dasar)



Banyak serangga-serangga yang sangat familiar bagi kita dan mudah untuk dikenal langsung saat pengamatan, namun tidak sedikit jenis-jenis serangga yang unik yang justru sulit untuk dikenali secara langsung. Menjadi sangat penting bagi siapa saja yang ingin belajar tentang dunia serangga dan sekitarnya untuk melakukan inventarisasi serangga. berikut beberapa peralatan dasar yang dibutuhkan untuk memulai pengamatan serangga.
Forsep
 Forsep dengan ukuran kecil namun lentur dan kuat sangat direkomendasikan untuk setiap kolektor. Jenis-jenis forsep yang digunakan bergantung kebutuhan dari masing-masing pengguna. Lightweight spring-steel forceps didesain untuk mencegah kerusakan terhadap  serangga-serangga lunak yang rawan hancur. Presisi yang lebih tinggi dapat diperoleh dengan menggunakan fine-watchmaker forceps, juga harus diperhatikan jangan sampai menusuk spesimen saat menggunakannya. Jika memungkinkan, pegang/jepit spesimen dengan bagian ujung forsep secara perlahan. Jenis Curved forcep biasanya paling banyak digunakan karena lebih mudah digunakan. Ketika forsep tidak digunakan, tutup bagian ujungnya dengan sumbat gabus atau pipa karet agar tidak mudah rusak dan berkarat.

Keterangan Gambar
Forsep untuk koleksi serangga
A. Fine watchmaker forceps
B. Curved metal collecting forceps
C. soft forceps



Tabung sampel (sample vials)

 Tabung sampel memiliki ukuran bervariasi yang diisi cairan alkohol atau bahan awetan lainnya digunakan untuk mengumpulkan banyak spesies dan fase hidup serangga. Tabung dengan sumbat kedap direkomendasikan baik untuk simpanan sementara maupun simpanan permanen.






Botol/tabung pembunuh (Killing Jars/bottles)
Botol/tabung pembunuh dengan bermacam-macam ukuran sangat penting untuk  mengawetkan spesimen dengan cepat.

Kotak/box penyimpanan

Kotak kecil yang tahan banting penting digunakan untuk menyimpan dan mencegah kerusakan spesimen setelah diambil dari Killing Jar.  Kotak dapat dibuat dari kayu, plastik, atau logam dengan bagian dalam dilapisi kertas tissue atau bahan halus lainnya untuk mencegah kerusakan spesimen yang disimpan . Beberapa kolektor tidak menyarankan menaruh sutera sebagai lapisan penutup karena dikhawatirkan dapat menjerat spesimen saat disimpan karena permukaan sutera yang lengket. Kain berbahan katun sering digunakan untuk bahan lapisan.

Kertas Spesimen
 Kertas berukuran kecil untuk penyimpanan sementara spesimen yang rentan dan mudah pudar seperti kupu-kupu dan ngengat (Gambar 1.5). bahan yang digunakan biasanya terbuat dari kertas Glassine.





Aspirator
Aspirator sangat berguna untuk mengumpulkan serangga-serangga  yang kecil dan gesit seperti lalat, nyamuk, dan jengkerik (Gambar 1.6). cara penggunaanya dengan meniup salh satu bagian ujung selang sementara selang lainnya diarahkan pada serangga-serangga yang akan dikumpulkan. Dengan demikian serangga-serangga akan tertarik masuk ke dalam selang dan terkumpul pada tabung aspirator.

Absorbent Tissue
Digunakan bahan yang dapat menyerap cairan terutama jika bekerja menggunakan cairan awetan, cairan pembunuh, dan aspirator.

Buku catatan dan alat tulis lapang
Buku catatan dan alat tulis digunakan untuk mencatat data-data penting dan label data dalam pengamatan. Alat-alat yang digunakan sebaiknya menggunakan bahan yang tidak luntur ataupun rusak terhadap air seperti pensil dan kertas anti air (kalkir dan sejenisnya).

Collecting Nets (Jaring Serangga)
Untuk membantu menangkap dan mengumpulkan serangga, jaring serangga sangat dibutuhkan, terutama untuk menangkap serangga-serangga yang gesit dan mudah terbang di udara. Jaring serangga dapat dibeli di toko-toko atau dengan membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat jaring diantaranya adalah;
1.           tongkat kayu dengan diameter 3-4 cm dengan panjang kira-kira 90 cm, bisa menggunakan bekas gagang sapu di rumah.
2.          Kawat beton diameter 2-3 mm.
3.          Kain bekas ukuran 1 x 1.2 m ( bahan kain yang tipis dan transparan lebih dianjurkan).
4.          Kawat kecil untuk mengikat.

3 comments:

  1. salam kenal mas Arthur, saya mau tanya itu peralatan dasar untuk serangganya dapat beli dimana ya? karena saya butuh .. (pinset, jaring, tabung/ botol, dan aspirator). boleh hub saya melalui email ke dianafa13@yahoo.com terima kasih.


    D

    ReplyDelete
  2. selamat siang mas Arthur Gilang, saya mau nanya untuk diameter lingkaran jaringnya berapa cm ? bisa balas ke email saya widyazulharzi@gmail.com terimakasih :)

    ReplyDelete